Senin, 23 Mei 2011

BIOGRAFI CHE GUEVARA


Ernesto Guevara julukan de la Serna
(1928 - 1967)


   
Pemimpin revolusioner. Lahir Ernesto Guevara de la Serna pada tanggal 14 Juni, 1928, di Rosario, Argentina. Setelah menyelesaikan studi kedokteran di University of Buenos Aires, Guevara menjadi politik yang aktif pertama di Argentina itu asli dan kemudian di negara tetangga Bolivia dan Guatemala. Pada tahun 1954, ia bertemu revolusioner Kuba Fidel Castro dan saudaranya Raul sementara di Meksiko.

Guevara menjadi bagian dari upaya Fidel Castro untuk menggulingkan pemerintahan Batista di Kuba. Ia menjabat sebagai penasehat militer untuk Castro dan memimpin pasukan gerilya dalam pertempuran melawan pasukan Batista. Ketika Castro mengambil alih kekuasaan tahun 1959, Guevara menjadi yang bertanggung jawab atas penjara Benteng La Cabana. Diperkirakan bahwa antara 156 dan 550 orang dieksekusi atas perintah Guevara ekstra-yudisial selama ini.

Kemudian, ia menjadi presiden bank nasional Kuba dan membantu untuk menggeser perdagangan negara hubungan dari Amerika Serikat ke Uni Soviet. Tiga tahun kemudian, ia diangkat sebagai menteri industri. Guevara meninggalkan kedudukan ini pada tahun 1965 untuk mengekspor ide revolusi Kuba ke bagian lain dunia. Pada tahun 1966, ia mulai mencoba untuk menghasut rakyat Bolivia untuk memberontak terhadap pemerintah mereka, tapi sedikit keberhasilan. Dengan hanya sebuah kekuatan gerilya kecil untuk mendukung usahanya, Guevara ditangkap dan dibunuh di La Higuera oleh tentara Bolivia pada tanggal 9 Oktober 1967.

Sejak kematiannya, Guevara telah menjadi tokoh politik legendaris. Namanya sering disamakan dengan pemberontakan, revolusi, dan sosialisme. Namun, yang lainnya masih ingat bahwa dia bisa kejam dan memerintahkan tahanan dieksekusi tanpa pengadilan di Kuba. Kehidupan Guevara tetap menjadi topik yang menarik publik yang besar dan telah dieksplorasi dan digambarkan dalam berbagai buku dan film, termasuk The Motorcycle Diaries (2004).

0 komentar:

Posting Komentar