Rabu, 09 Mei 2012

H. Bodong Meninggal

H. Bodong meninggal

JAKARTA,  - Pelawak senior yang juga merupakan seniman Betawi itu menempati peristirahatan terakhirnya. Haji Bodong meninggal pada Minggu (6/5) kemarin berkisar pukul 7.30 di kediamannya kampung Dukuh Kramatjati, Jakarta Barat.
Kepergiannya meninggalkan kesan mendalam bagi sejumlah artis terutama pelawak di negeri ini. Tidak hanya meninggalkan kenangan indah, loyalitasnya menjadi cambuk keras bagi para pelawak juniornya untuk selalu mencairkan suasana dan menebar senyum kepada semua orang yang butuh dihibur.
"Jujur saja kalau masalah semangat dia (H Bodong) dalam loyalnya terhadap seni sangat luar biasa. Secara pribadi ini jadi tugas yang junior sekarang untuk meneruskannya," tutur Mandra, Minggu (6/5).
Seniman Betawi yang mendedikasikan diri penuh untuk melestarikan budaya itu kembali ke pangkuan Sang Khaliq di usia mendekati angka 90 tahun. Jenazah seniman yang pernah bermain di film Si Doel Anak Sekolah itu disalatkan di rumah ibadah terdekat dari kediamannya, Masjid Baitulsalam. Sore harinya dimakamkan di TPU Gandaria, Jakarta Timur.
Kurang biaya
Meninggalnya pemain topeng kemarin rupanya telah melewati perjuangan panjang selama masa sakit tiga tahun belakangan ini. Pelawak yang pernah main di Pepesan Kosong itu diketahui memang telah menderita asma sejak lama. Karena hal tersebutlah almarhum rutin menjalani pengobatan selama tiga tahun itu. Sebelum wafat H Bodong sempat dirawat di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, selama 12 hari.
"Sudah dirawat di RS Kramatjati 12 hari, tapi dia minta pulang jadi rawat jalan," kata Ishkak, putranya.
Ironisnya, tidak hanya berjuang untuk kesembuhan diri, seniman dedengkot Betawi itu juga harus dipusingkan dengan masalah biaya pengobatan. Lantaran tiga tahun sakit, perekonomian H Bodong menurun drastis hingga dia mendapat keringanan untuk berobat. Yang jauh lebih menyedihkan adalah ketika persatuan Seniman Komedi Indonesia tengah mempersiapkan galang dana untuk dirinya, tapi rupanya H Bodong telah lebih dahulu dipanggil Sang Kuasa.
"Memang kemarin akan dilaksanakan tapi beliau lebih duluan dipanggilNYA. Tapi saya dan teman-teman tetap melaksanakan penggalangan dana itu dengan konsep yang berbeda," kata pelawak Derry.
"Haji Bodong boleh pergi tapi tapi komitmen dia terhadap kesenian Betawi tetap eksis. Semoga kita yang muda ini bisa melanjutkan cita-citanya," pungkasnya.
Sember:  Suaramerdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar