Sabtu, 25 Februari 2012

Cara Ganti Icon Blog pada Address Bar

Kalo kita membuka website atau blog, biasanya ada icon di sambing Address Bar (kotak untuk mengetikkan alamat web). Dan jika kita punya blog di Blogspot maka icon default yang akan tampil adalah gambar seperti ini .Tapi jika kita tidak puas dan ingin mengganti dengan icon lain bisa saja. Contohnya seperti icon Jempol di Tab Bar Blog ini.



Nah berhubung kebetulan ada teman yang nanya soal cara mengganti icon tersebut, maka kali ini saya akan coba buat tutorial singkat tentang hal tersebut. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membuat gambar (gif, jpg, ico, dan lain2) dengan ukuran kira2 24x42 pixel sampai 32x32 pixel. Setelah itu upload file icon yang udah dibuat tadi ke Photobucket atau web sejenisnya. Tapi kalo kalian males untuk membuat icon sendiri bisa langsung cari aja di Google gambar sesuai dengan keinginan dan ukurannya.

Setelah itu masuk ke Dashboard --> Layout --> Edit HTML dan tempatkan kode/script berikut tepat sebelum kode </head> (biar gak repot cari dengan CTRL+F).
<link href='http://saungsandy.blogspot.com/ikongue.gif' rel='SHORTCUT ICON'/>
Ganti kode yang dicetak tebal dengan link gambar yang kalian inginkan. Setelah itu SAVE dan selesai deh...

FOR BONUS
Skalian saya kasi tutorial tentang caran membuat text berjalan di Tab Bar. Caranya gampang, tinggal tempatkan kode/script berikut setelah kode <head>
<script language='JavaScript'>var txt=&quot;Kedoya Oke &quot;;
var kecepatan=130;var segarkan=null;function bergerak() { document.title=txt;
txt=txt.substring(1,txt.length)+txt.charAt(0);
segarkan=setTimeout(&quot;bergerak()&quot;,kecepatan);}bergerak();
</script>
Ganti text warna merah sesuai dengan keinginan kalian. Selesai deh...
Met nyoba ya..:D

0 komentar:

Posting Komentar